JASA SONDIR TEST TERBAIK PACITAN

JASA SONDIR TEST TERBAIK PACITAN

JASA SONDIR TEST TERBAIK PACITAN

Testindo inti perkasa _ jasa sondir test terbaik Pacitan melayani : soil test  | sondir test  |  cbr test  |  spt  | handbor  | topografi |  jasa survey geolistrik untuk sumur bor | pengeboran air | borpile | geolistrik | well logging | borhole camera | pda test

Apakah anda sedang merencanakan proyek konstruksi di Pacitan yang melibatkan pembangunan gedung, jembatan, atau infrastruktur lainnya? Jika ya, maka pemahaman yang mendalam tentang soil test dan kondisi tanah yang akan anda bangun di Pacitan menjadi kunci kesuksesan proyek anda. Tanah yang kuat dan stabil adalah dasar yang diperlukan untuk memastikan keamanan dan ketahanan struktur bangunan anda di Pacitan. Inilah mengapa penting untuk memanfaatkan jasa sondir test di Pacitan, sebuah teknik uji tanah atau soil test yang dapat memberikan informasi penting tentang karakteristik tanah yang akan anda kerjakan di Pacitan.

Apa itu sondir test?

Pengujian sondir atau soil test di Pacitan merupakan salah satu pengujian penetrasi yang bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah pada setiap lapisan serta mengetahui kedalaman lapisan pendukung yaitu lapisan tanah keras di Pacitan. Hal ini dimaksudkan agar dalam mendesain pondasi yang akan digunakan sebagai penyokong kolom bangunan diatasnya memiliki faktor keamanan (safety factor) yang  tinggi sehingga bangunan diatasnya tetap kuat dan tidak mengalami penurunan atau settlement yang dapat membahayakan dari sisi keselamatan akan bangunan dan penghuni didalamnya.

Banyak terjadi kegagalan struktur (bangunan roboh/ runtuh) akibat tidak diperhatikan pentingnya pengujian  soil test ini, untuk itu sangat di sarankan untuk melakukan pengujian tanah (sondir) ini, sehingga dapat didesain jenis pondasi yang aman dan efektif sesuai dengan karakteristik tanah dari bangunan yang akan dibangun di Pacitan.

 

Apa itu alat sondir?

Sondir adalah alat berbentuk silindris dengan ujungnya berupa konus. Biasanya dipakai adalah bi-conus type begemann yang dilengkapi dengan selimut/jacket untuk mengukur hambatan pelekat lokal (side friction) dengan dimensi sbb :

  • Sudut kerucut conus  : 60’
  • Luas penampang conus  : 10.00cm2
  • Luas selimut/jacket  : 150cm2.

Dalam uji sondir, stang alat ini ditekan ke dalam tanah dan kemudian perlawanan tanah terhadap ujung sondir (tahanan ujung) dan gesekan pada silimur silinder diukur. Alat ini telah lama di indonesia dan telah digunakan hampir pada setiap penyelidikan tanah pada pekerjaan teknik sipil karena relatif mudah pemakaiannya, cepat dan amat ekonomis di Pacitan.

 

Manfaat sondir test/ soil test di Pacitan

1.    Evaluasi kekuatan tanah: sondir test atau soil test membantu mengukur kekuatan tanah dan menentukan resistensi tanah terhadap beban yang diberikan. Informasi ini penting dalam merencanakan struktur bangunan dan menentukan teknik konstruksi yang sesuai.

2.    Identifikasi lapisan tanah: dalam proyek konstruksi, seringkali terdapat lapisan-lapisan tanah dengan sifat mekanis yang berbeda. Sondir test atau soil test membantu mengidentifikasi lapisan-lapisan ini, yang memungkinkan perencanaan yang lebih akurat untuk pemilihan material dan metode konstruksi.

3.    Evaluasi stabilitas: informasi dari sondir test atau soil test dapat memberikan gambaran tentang stabilitas tanah. Hal ini sangat penting dalam menentukan apakah tanah tersebut cocok untuk mendukung struktur bangunan yang diinginkan atau apakah langkah-langkah tambahan seperti penguatan diperlukan.

4.    Perencanaan foundation: hasil sondir test atau soil test dapat membantu insinyur perencana dalam menentukan tipe dan dimensi pondasi yang diperlukan untuk proyek anda. Hal ini penting untuk memastikan pondasi yang cukup kuat untuk menopang beban struktural.

Mengapa menggunakan jasa sondir test/ soil test di Pacitan?

Konsultan geoteknik_ melakukan sondir test atau soil test dengan keahlian dan peralatan khusus yang tidak dimiliki oleh semua pihak yang terlibat dalam industri konstruksi di Pacitan. Oleh karena itu, menggunakan jasa sondir test atau soil test dari konsultan geoteknik yang profesional adalah langkah yang bijaksana di Pacitan. Para ahli geoteknik yang berpengalaman akan melaksanakan sondir test dengan tepat,tim konsultan geoteknik menganalisis data dengan cermat, dan memberikan laporan yang komprehensif tentang kondisi tanah yang diuji di Pacitan.

Soil test / boring test ( spt ) Pacitan

Soil test adalah pekerjaan pengambilan sample tanah asli untuk mengetahui kondisi tanah perlayer dan jika dimungkin sampai ke tanah keras. Dalam boring ini sekaligus dilakukan dengan spt (standard penetration test) disetiap interval 2,0m.  Hal ini mengacu sesuai dengan prosedur astm d.1586, dengan berat hammer adalah 63,5kg dan tinggi jatuh bebas hammer adalah 76cm. Biasanya untuk pelaksanaan test digunakan hammer otomatis di Pacitan.

Contoh tanah yang diperoleh dari tabung spt, dimasukan dalam kantong plastik dan diberi label nama sesuai dengan nilai/jumlah pukulan, kedalaman dan nomor bornya. Contoh tanah yang diperoleh dari spt tsb bisa digunakan untuk visual description maupun test laboratorium bila diperlukan di Pacitan.

 

Uji laboratorium dari pemboran memperoleh laporan meliputi antara lain :

 

  • Index properties
    • Water content : perbandingan berat kandungan air terhadap berat tanah kering dinyatakan dalam persen.
    • Wet density : nilai berat isi tanah (basah) yaitu perbandingan anatar berat tanah lembab asli per sartuan volume, dalam gr/cm3.
    • Dry density : nilai isi tanah (kering) yaitu perbandingan anatar berat tanah kering per satuan volume, dalam gr/cm3.
    • Specific gravity (astm.d854) : nilai berat jenis butiran.
    • Degree of saturation : derajat kejenuhan tanah yaitu prosentase berat air yang mengisi rongga atau pori-pori dalam persen.
    • Atterberg limits (astm d.4318) : batas cair (liquid limit), batas plastis (plastic limit), dan indeks plastis (plasticity index). Dari test ini juga bisa diketahui clasifikasi tanah berdasarkan ketentuan uscs (unified soil classification system).
  • Enginerring properties
    • Unconfined compression (astm d.2166) : diperoleh nilai daya dukung tanah dalam keadaan tanpa tekanan samping (uncofined) yang dinyatakan dalam satuan kg/cm2.
    • Triaxial uu test (astm d.2850) : bertujuan untuk mendapatkan nilai kohesi c (kg/cm2). Dan sudut gelincir dalam atau internal friction angel tanpa tekanan pori dan dengan tekanan pori dinyatakan dalam derajat.
    • Consolidation (astm d.2435) : untuk mendapatkan parameter koefisien konsolidasi dan indeks konsolidasi untuk menghitung penurunan pondasi bangunan.

 

Metode pelaksanaan uji laboratorium

Ini disesuaikan dengan standard astm untuk setiap jenis test bersangkutan.

Jika lokasi bangunan di Pacitan berupa tanah rawa yang cukup dalam, maka jenis pondasi yang dipilih tiada lain adalah pondasi tiang. Pondasi tiang bisa berupa; tiang-tiang pancang (spun pile, mini pile, dsb) atau berupa bor pile. Tiang pancang mungkin sedkit lebih ekonomis dibandingkan dengan bor pile, akan tetapi pemilihan jenis pondasi ini perlu mempertimbangkan efek getarannya yang dapat merusak banguan di sekitarnya. Meskipun jenis pondasi bor pile lebih mahal, namun dalam pelaksanaannya tidak menimbulkan getaran atau vibrasi khususnya diwilayah Pacitan.

 

Metode pelaksanaan uji sondir

Jika anda ingin merencanakan pondasi tiang pada tanah rawa yang cukup dalam di Pacitan, sebaiknya tempatkan pada kedalaman yang nilai qc sama atau lebih 150 kg/cm2. Hal ini menunjukkan bahwa anda telah menempatkan tiang-tiang pondasi pada tanah keras, dengan demikian tidak perlu dikhawatirkan lagi terjadi penurunan (settlement).

Demikian penjelasan singkat mengenai uji sondir atau soil test dari segi teknis. Penting kiranya bagi masyarakat yang akan mendirikan bangunan dengan ketinggian minimal 3 lantai keatas untuk mengusahakan proses uji sondir dalam perencanaan pondasi bangunan, serta sebagai persyaratan teknis dalam pengajuan ijin mendirikan bangunan (imb) di Pacitan.

 

Top of Form

Harga sondir per titik di Pacitan

Untuk melakukan soil investigation ini berikut kami berikan sedikit gambaran mengenai biayanya atau harganya :

A.sondir test

Keterangan

Mobilisasi & akomodasi alat sondir

Laporan data pekerjaan sondir & dokumentasi

√ dapat

Laporan grafik hasil uji qc dan fr

√ dapat

Rekomendasi geoteknik pondasi

√ dapat

Harga satuan pekerjaan rp.2.000.000 / titik

Minimal pengujian 2 titik uji

 

Harga soil test/spt per titik di Pacitan

 

B. Depth boring

Keterangan

Mobilisasi & akomodasi alat sondir

Laporan data boring spt & dokumentasi

√ dapat

Laporan grafik hasil bor log spt

√ dapat

Pengujian lab.uds mektan

√ dapat

Rekomendasi geoteknik

√ dapat

Harga rp.xx.000.000/sample

Minimal pengujian 2 titik uji

 

C. Uji lab mekanika tanah

Harga dan keterangan

Berat isi (uw)

√ dapat

Laporan data boring spt & dokumentasi

√ dapat

Laporan grafik hasil bor log spt

√ dapat

Pengujian lab.uds mekanika tanah

√ dapat

Rekomendasi geoteknik

√ dapat

Harga rp.x,x00.000/sample

Minimal pengujian 2 sample

 

Keterangan

Metode bayar

Harga termasuk laporan soft/hard copy

Dp awal pekerjaan 50%

Harga diatas berlaku di jabodetabek

Pelunasan & laporan akhir pekerjaan

Biaya mobilisasi/akomodasi menyesuaikan lokasi & lamanya pekerjaan

 

 

 

Jasa sondir tanah Pacitan, jasa soil tes Pacitan, harga soil tes Pacitan, harga jasa sondir tanah Pacitan, jasa sondir tanah Pacitan dan sekitarnya, jasa soil tes Pacitan dan sekitarnya, jasa sondir tanah terdekat Pacitan, jasa sondir tanah termurah Pacitan, jasa sondir tanah terbaik Pacitan, jasa uji tanah Pacitan, jasa uji tanah Pacitan terbaik, jasa uji tanah Pacitan terdekat, jasa uji tanah Pacitan termurah, jasa uji tanah Pacitan dan sekitarnya, uji tanah Pacitan, sondir Pacitan, sondir syarat imb Pacitan, topografi Pacitan, jasa topografi Pacitan terbaik, jasa topografi Pacitan terdekat, jasa topografi Pacitan termurah, jasa topografi Pacitan dan sekitarnya, spt Pacitan, jasa spt Pacitan, jasa spt Pacitan termurah, jasa spt Pacitan terdekat, jasa spt Pacitan terbaik, jasa spt Pacitan dan sekitarnya, syarat pbg Pacitan, jasa dcpt Pacitan,

Keuntungan menggunakan jasa sondir test tim testindo inti perkasa di Pacitan

1.    Keandalan hasil: dengan menggunakan jasa sondir test yang berpengalaman, anda dapat memiliki kepercayaan penuh pada keandalan hasil uji. Hasil yang akurat dan terpercaya memungkinkan anda untuk membuat keputusan yang tepat dalam merencanakan proyek konstruksi anda.

2.    Penyelarasan dengan standar: sondir test dilakukan sesuai dengan standar dan pedoman yang telah ditetapkan oleh industri. Dengan menggunakan jasa sondir test, anda memastikan bahwa proyek anda sesuai dengan persyaratan yang ada.

3.    Efisiensi waktu dan biaya: dengan mengandalkan para ahli untuk melaksanakan sondir test, anda dapat menghemat waktu dan biaya yang akan dikeluarkan jika anda mencoba melakukannya sendiri. Para profesional akan melakukan tugas ini dengan efisien, memastikan bahwa proyek anda dapat berjalan dengan lancar.

Jadi, jika anda sedang merencanakan proyek konstruksi di Pacitan yang membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang kondisi tanah di Pacitan, jangan ragu untuk menggunakan tim konsultan geoteknik jasa sondir test yang profesional di Pacitan. Dengan memahami kekuatan, sifat geoteknis, dan stabilitas tanah yang akan anda kerjakan, anda dapat menghindari masalah yang tidak diinginkan dan memastikan kesuksesan proyek konstruksi anda di Pacitan.

 

Info lebih lanjut testindo inti perkasa Pacitan

Bagi anda yang tertarik dengan jasa sondir test Pacitan dapat menghubungi kontak yang tersedia di bawah. Atau kunjungi www.pengeboransumur.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar jasa sondir test Pacitan bersama testindo inti perkasa

Hubungi        : 081283140008